Cara Menulis Postingan di blogger - Blogspot

Tutorial Kali Ini Adalah- Cara Menulis Postingan Pada Blogger Untuk Mempersingkat Waktu Mari Ikuti Langkah Berikut Dengan STEP By STEP,..

1. Paling awal, silahkan login ke Blogger.Com.
2. Anda akan masuk ke dashboard utama Blogger. Jika Anda memiliki banyak blog, maka disini akan muncul daftar blog-blog Anda. Klik Judul Blog, yang Anda ingin tuliskan artikel baru.

3. Setelah Anda klik Judul Blog Anda, maka Anda akan masuk ke halaman pengaturan blog. Akan banyak sekali tool disini (kita bahas nanti), sekarang kita akan belajar menulis postingan terlebih dahulu. Untuk emnulis postingan silahkan klik tombol pensil dibagian atas dashboard.
4. Nah, sekarang Anda masuk ke halaman posting. Pertama yang harus diperhatikan adalah ada dua mode tulis. Pertama Compose dan kedua Edit HTML. Saya sarankan Anda klik Compose, karena Edit HTML adalah penulisan untuk tingkat lanjut dengan mode kode HTML.
5. Menulis Judul Artikel. Di bagian atas ada kolom Entri. Disanalah Anda menuliskan judul artikel Anda.
6. Di samping kanannya ada 4 tombol berurutan: Publikasikan (Untuk menerbitkan artikel Anda),Simpan (Untuk menyimpan artikel Anda. Anda bisa simpan artikel jika memang belum siap untuk diterbitkan dan melanjutkannya lain waktu), Pratinjau (Meninjau tampilan artikel sebelum benar-benar dipublikasikan), Tutup (Keluar dari Editor Penulisan Postingan).
7. Menulis Artikel. Kolom besar adalah kolom tempat menuliskan isi artikel Anda.


Pengenalan Toolbar
Kolom penulisan artikel dilengkapi banyak sekali tool:
1. Undo, membatalkan perintah terakhir
2. Redo, menyetujui perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan oleh Undo
3. Font, pilihan jenis font (pada tingkat lanjut Anda bisa memilih ribuan jenis font namun harus mengerti struktur template, kita belajar lain waktu)
4. Font Size, mengatur ukuran font
5. Format, format penulisan, pilih normal saja.
6. Bold, menebalkan huruf. Contoh
7. Italic, memiringkan huruf. Contoh
8. Underline, Menggaris bawahi huruf. Contoh
9. Strikethrough, Efek huruf dicoret: Contoh

10. Text Color, memilih warna huruf: Contoh
11. Text background Color, gunakan ini untuk memberikan efek stabilo. Contoh
12. Add Remove Link, menambahkan tautan ke text Anda.
(Ketika Anda menulis artikel tentang rujukan situs-situs informatif atau lainnya, Anda bisa memasang link di kalimat Anda agar orang bisa langsung datang ke situs tersebut). Contoh <~~ kata contoh berikut jika di klik akan langsung mengarah ke alamat tertentu. Untuk membuat link silahkan blok kalimat/kata tertentu, kemudian klik tombol link.
Text To Display, adalah text yanag tadi Anda blok
Web Address, masukkan URL tujuan
Open This Link in New Window, centang untuk membuat link terbuka di jendela browser baru
Add rel Nofollow, centang untuk membuat link tidak dikunjungi robot.txt (Abaikan saja ini)
- Klik OK

13. Insert Image, menambahkan gambar ke postingan Anda.
14. Insert a Video, menambahkan video di postingan Anda.
15. Jump Break, membuat ringkasan artikel. Jika Artikel Anda sangat panjang, maka gunakan ini untuk memenggal artikel Anda. Misalkan setelah pragraf ke dua Anda klik tombol ini, maka di halaman utama blog Anda hanya akan tampil 2 paragraf awal, kemudian paragraf yang lain akan muncul setelah pembaca blog Anda klik tombol readmore yang otomatis akan ditambahkan ke postingan Anda.
16. Aligment, mode perataan artikel
17. Numbered List, membuat list dalam Angka
18. Bullet List, membuat list dengan simbol
19. Quote, biasa digunakan untuk lebih memperjelas kata-kata atau kalimat tokoh tertentu
20. Remove Formatting, membatlakan pengaturan yang telah diterapkan.
21. Check Spelling mengecek ejaan kalimat.


Pengenalan Setelan Entri
Setelah mengenal toolbar-toolbar untuk postingan, Anda juga harus mengenal setelan entri yang berada di bagian kanan kolom posting, yang terdiri dari Label, Jadwal, Link, Lokasi dan Pilihan.
1. Label, gunakan label untuk mengelompokkan artikel Anda. Misalkan artikel-artikel Geografi Anda beri label Geografi, begitu jugaa dengan artikel Fisika dengan label Fisika dan seterusnya. Pada kolom label isikan label yang tepat. Kecil dan besar huruf berpengaruh.
 Misalkan saya membuat label new blogger, maka semua artikel yang saya beri label new bloggerakan terkumpul di satu alamat: http://www.themasdoyok.com/search/label/new blogger

2. Jadwal, Ada bisa tentukan waktu pembuatan artikel. Jika pilih Otomatis, maka tanggal artikel adalah tanggal yang sesuai dengan kapan Anda mempublikasikannya.
3. Link, pengaturan custom URL. Abaikan saja terlebih dahulu.
4. Lokasi, pilih lokasi Anda menulis artikel. Tidak wajib.
5. Pilihan, Anda bisa memilih untuk mengijinkan pembac amengomentari blog Anda atau tidak.


Pengenalan Publikasi
Seperti saya sebut di atas, di bagian kanan penulisan judul ada 4 tombol berurutan: Publikasikan(Untuk menerbitkan artikel Anda), Simpan (Untuk menyimpan artikel Anda. Anda bisa simpan artikel jika memang belum siap untuk diterbitkan dan melanjutkannya lain waktu), Pratinjau (Meninjau tampilan artikel sebelum benar-benar dipublikasikan), Tutup (Keluar dari Editor Penulisan Postingan).
Berikut adalah pengenalan bagian-bagian postingan.


Source : http://www.themasdoyok.com/2012/10/cara-menulis-postingan-di-blog.html

No comments:
Write komentar

Pengunjung Yang Baik Adalah Pengunjung Sering Berkomentar Pada Suatu Blog Yang Di Kunjunginya...

Labels